PETA KONSEP MENUJU PENYEMBUHAN

Berikut ini kami berikan “PETA KONSEP” cara berpikir, apabila anda divonis menderita suatu penyakit dan kebingungan menentukan penyembuhan.

1. Kenali “Musuh” anda 

“Musuh” yang dimaksud di sini adalah penyakit yang telah di diagnosa oleh dokter anda. Penyakit yang memasuki tubuh anda pada saat kekebalan tubuh anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Namun “musuh” juga bisa berarti diri anda sendiri. Anda yang membiarkan kekebalan tubuh anda menurun akibat kondisi kejiwaan, kebiasaan dan gaya hidup yang selama ini anda jalani. Adapun bentuk “musuh” yang lain yang dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh adalah faktor-2 yang berada diluar kendali anda, seperti lingkungan yang berpolutan tinggi, maupun cuaca, dan faktor genetik.

2. Kenali “Dokter” anda 

Pada saat anda berkonsultasi dengan seorang dokter, siapapun yang anda pilih hendaknya memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Dokter yang menciptakan ruang bagi terjadinya proses penyembuhan
  2. Dokter yang memberikan keyakinan bahwa pasien bisa sembuh, tak perduli berapapun peluangnya
  3. Dokter yang memberikan semua penjelasan yang diinginkan oleh pasien. Semakin banyak bertanya, semakin besar peluang menuju kesembuhan
  4. Dokter yang mencarikan pengobatan yang tepat dan menolong pasien menemukan :
    • alasan untuk hidup
    • penyelesaian konflik
    • lingkungan dan suasana yang mendukung proses penyembuhan

3. Kenali “Obat” anda medication_600

Pelajari semua resep yang diberikan kepada anda. Jika menggunakan obat farmakologi, carilah keuntungan dan kerugiannya, begitu pula jika diberikan obat alami. Pelajari pula proses yang mendukung pemakaian obat-obat tersebut, baik yang berupa obat farmakologi maupun obat alami. Carilah apoteker yang mau menjelaskan mengenai obat-2 yang diresepkan untuk anda.

Setelah anda mempelajari tiga konsep di atas secara terbuka dan mendiskusikannya dengan orang-2 terdekat yang nantinya akan menjadi “tim” anda dalam menjalani proses penyembuhan, maka barulah proses penyembuhan yang sebenarnya akan berjalan. Diperlukan “tim yang solid untuk menyukseskan proses ini, bukan hanya sekedar tim medis saja, namun lebih banyak merupakan kerjasama dari orang-2 terdekat dan yang perduli dengan kesembuhan anda!

 

One response to this post.

  1. […] bagi pasien, jangan lupakan posting saya mengenai PETA KONSEP MENUJU KESEMBUHAN. Jika anda mau mendengarkan tubuh anda, anda pasti tidak akan tergesa-gesa mencari seorang dokter […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: