DUKUN; PENGOBAT ALTERNATIF-KAH?

Koran Surya tgl 2 Februari 2009 memuat headline tentang seorang dukun “tiban” cilik yang mendapatkan “kekuatan”/”kesaktian” penyembuhannya setelah disambar petir dan menemukan batu berbentuk kepala lele.

Terlepas dari kebenaran dan keberhasilannya dalam proses penyembuhan, fenomena seperti ini seringkali kita dapati dalam cerita sehari-hari. Sesuatu yang tidak logis tapi sepertinya sangat dipercaya hingga orang mau dengan rela berdesak-desakan mengantri untuk diobati,bahkan mengkonsumsi “obat” racikan yang entah apa isinya!

Lalu pertanyaannya, apakah hal yang seperti ini bisa dikategorikan sebagai salah satu jenis pengobatan alternatif? Apakah pengobatan seperti ini yang masuk dalam salah satu kategori dalam posting saya “BELIEVE WHAT YOU WANT TO BELIEVE“?

Yang jelas, sebagai manusia, kita dikaruniai akal, naluri dan logika. Kalau dari ketiga episode itu belum cukup meyakinkan anda, berikut ini adalah wacana yang benar mengenai pengobatan alternatif:

“Pengobatan alternatif adalah pengobatan pendamping agar menjadi suatu sinergi yang lebih ampuh/menyeluruh bagi pengobatan medis/konvensional, dalam biaya yang wajar”

Pengobatan alternatif harus memiliki pendekatan empiris yang dapat dibuktikan keberhasilannya, dan dapat diajarkan sebagai ilmu pada orang lain. Jadi, jika pengobatan itu dilakukan oleh orang-2 “khusus”/”terpilih”/”dipercaya” dan dilakukan dengan menggunakan “kekuatan”/”kesaktian” berupa keajaiban dan supranatural lainnya, maka jenis pengobatan tersebut BUKAN merupakan SALAH SATU JENIS pengobatan alternatif yang selama ini saya jabarkan di blog ini.

Jadi, percaya nggak percaya, kalau berani silakan coba, resiko… tanggung penumpang!

CATATAN: 2 orang tewas dalam proses berobat ke dukun anak-2 tersebut. Satu meninggal sesaat setelah meminum “racikan” obatnya, dan satu lagi akibat antri berdesak-desakan. Untung cuma “dukun tiban” bukan “dukun cabul”…

One response to this post.

  1. […] pengobatan alternatif yang lain (lihat posting saya “DUKUN; PENGOBAT ALTERNATIF-KAH?”) yang melibatkan kesaktian tertentu dan kekuatan supranatural yang tidak dapat dipelajari ilmunya […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: