VIRUS INFLUENSA, TINDAKAN PREVENTIF DAN KURATIF YANG EFEKTIF

Keadaan cuaca akhir-2 ini mengundang “musuh lama” datang dan menyebarkan penyakit melalui udara yang lembab. Ditambah lagi dengan kondisi lingkungan yang kotor dan banjir dimana-mana maka makin mudah bagi virus sekuat flu untuk menembus pertahanan manusia yang paling sehat sekalipun.

Influensa bagi negara-2 tropis merupakan penyakit keseharian yang tidak terlampau membahayakan namun gejalanya sangat mengganggu aktifitas. Di negara-2 empat musim, virus ini dapat berkembang menjadi pneumonia, bahkan mengancam nyawa!

Virus influenza merupakan jenis virus yang mudah bermutasi sehingga penyebarannya sangat cepat mengikuti sel induknya. Kepandaian virus ini dalam bermutasi juga mengakibatkan maraknya jenis-2 influenza baru, yang juga didorong oleh kesalahan dalam pengobatannya sehingga virus ini menjadi resisten terhadap beberapa jenis obat khususnya antibiotik.

 

Untuk mencegahnya sebetulnya mudah saja. Gunakan masker (tidak perlu malu) jika orang-2 di lingkungan anda banyak yang terpapar flu. Jangan lupa cuci tangan dengan benar. Cukupkan jatah istirahat supaya imunitas tubuh anda tetap stabil. Tak perlu sampai vaksinasi segala,karena selain vaksinnya berbayar, belum tentu jenis virusnya cocok dengan vaksinnya (saking banyaknya jenis virus influensa A,B,C, isavirus dan thogotovirus – dapat dibaca lebih jelas di Wikipedia) Namun jika kondisi anda sedang lemah atau terpapar penyakit lain yang tergolong berat, tak ada salahnya divaksinasi flu untuk menjaga penurunan kondisi lanjutan akibat influensa.

Jika anda mulai merasa tidak fit dan mencurigai virus influensa sudah mencemari tubuh anda, satu-2nya yang bisa diandalkan adalah mengembalikan imunitas tubuh dengan sebaik-baiknya. Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih atau isotonik. Jika tenggorokan meradang, coba redakan dengan minum teh hangat. Silahkan mengkonsumsi obat PEREDA influenza sesuai dosis untuk membantu mengurangi gejala flu. Namun perlu diingat, obat tersebut bukanlah bertujuan menyembuhkan, tubuh anda sendiri-lah yang akan menyembuhkan anda dari virus influenza. Seberapa cepat recovery-nya, bergantung pada kesediaan dan kerelaan anda dalam meluangkan waktu untuk beristirahat dan memperbaiki sistem imunitas tubuh.

One response to this post.

  1. […] adalah bagaimana menjaga sistem kekebalan tubuh kita . Saya sudah pernah membahas tentang virus influensa  yang seolah-2 sudah merupakan penyakit “sehari-hari”. Tata cara penanganan influenza […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: