KENALI PENYAKIT ANDA LEBIH JAUH

Seorang pasien berkonsultasi lewat telepon, menanyakan mengenai herbal yang dapat menyembuhkan penyakit maag atau nyeri lambung. Sudah berulang kali ke dokter dan hanya disarankan mengunakan antasida sebelum makan.

Melalui perbincangan mengenai profil pasien, setelah ditelaah lebih lanjut berujung pada kebiasaan makan pasien yang tidak teratur dan sering berpuasa Senin-Kamis. Saran dokter hanya mengkonsumsi antasidanya sebelum makan pada saat berpuasa dan memberikan supplemen yang meningkatkan nafsu makan. Saran medis ini dirasakan bertentangan dengan keinginan dan kekhawatiran pasien. Sedapat mungkin dia mencari solusi obat yang tidak menimbulkan nafsu makan, karena akan memicu peningkatan berat badan. Lantas muncullah kesimpulan bahwa sebenarnya pasien tersebut cenderung mengalami psikosomatis, yaitu suatu kondisi sakit fisik yang disebabkan oleh keadaan psikis.

Pada kasus di atas, pasien menderita nyeri lambung akibat dari keinginannya dalam mengontrol berat badan. Tercermin pada kebiasaan diet melalui puasa, dan kecenderungan untuk menunda waktu makan dan mengurangi porsi makan. Pasien mengabaikan “tanda-tanda” dari tubuh ketika tubuh memerlukan asupan. Akhirnya tubuh protes dengan memberikan sinyal-2 lebih kuat yang menimbulkan gangguan nyeri lambung. Solusi medis dengan menggunakan antasida hanya menekan gejala nyeri lambungnya, mengurangi produksi asam lambung dan supplemen yang diberikan agar memicu pengeluaran asam lambung pada waktunya malah tidak menemui “sasaran” sesuai motivasi pasien. Dokter tidak menemukan kesalahan yang berarti pada lambung (padahal jika keadaan ini terus diabaikan, dan terus mengkonsumsi obat tersebut maka organ tubuh yang tadinya normal, malah dapat menjadi rusak)

Dari contoh kasus di atas terlihat jelas, betapa pentingnya MENGENALI PENYAKIT ANDA! Jika anda menginginkan penyembuhan secara menyeluruh (holistik), penting bagi anda untuk mengerti apa sebetulnya yang sedang anda derita, agar tidak menimbulkan kesalahan lebih lanjut pada fisik (kesalahan pemberian obat) atau pada psikis (motivasi untuk sembuh). Jadi, dengarkan tubuh anda. Pahami “sinya-sinyal” yang dikirimkan sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter. Gangguan psikosomatis ini dapat bermacam-macam dan mengakibatkan sakit fisik yang macam-macam pula. Sedangkan jika berkelanjutan, memerlukan bantuan konsultasi psikologis. Untuk tambahan informasi mengenai psikosomatis dapat dibaca sedikit di blog FiLes of DrsMed.

One response to this post.

  1. Hi there,
    Interesting blog, I just came across it and I’m already a fan
    I recently lost 30 pounds in 30 days, and I want to discuss my weight loss success
    with as many people as possible. I wrote about my experience
    on my blog, and I would love your comments!

    If I can lose that much weight then anyone else can too. Whatever you do, don’t give up and you WILL
    meet all your weight loss goals!
    much thanks for reading,
    Joan
    Most recent blog post: american dietetic association commission on

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: