PENGOBATAN ALTERNATIF & KOMPLEMENTER JILID 2

Setelah dunia pengobatan “alternatif” diramaikan dengan kemunculan Ponari dan “pengobat-pengobat” sejenis, maka tampaknya masyarakat memang harus benar-benar diedukasi mengenai seluk beluk pengobatan alternatif dan komplementer yang masih berada pada landasan logika dan medis.

Sesungguhnya, inti dari seluruh pengobatan alternatif yang pernah saya bahas sebelumnya di jilid 1 adalah merupakan pendekatan HOLISTIK, yaitu penyembuhan secara menyeluruh, dengan memandang tubuh dan jiwa, pikiran dan perasaan sebagai satu kesatuan yang tidak bisa dipisah-pisahkan. Menyembuhkan artinya mengobati secara keseluruhan, bukan hanya pada bagian yang “merasakan sakit” saja. Inilah yang membedakan pengobatan alternatif dengan pengobatan “alternatif” gaya Ponari dan kawan-kawan, juga yang membedakan dengan pengobatan konvensional atau medis.

herbalisme

Dengan pembagian sistematik seperti yang telah dibahas pada jilid 1, maka kita dapat memutuskan pilihan, gaya alternatif apa yang sesuai dengan jenis penyakit, budget, juga sugesti kita masing-masing. Ini penting. Karena sekali lagi, yang hendak disembuhkan bukan hanya tubuh saja, namun jiwa pula. Kebutuhan sugesti positif tentunya akan memberikan sumbangan besar bagi kemajuan kondisi penderita.

chiropractic

meditasi

Mengapa harus disesuaikan? Karena masing-2 orang berbeda. Ada yang memiliki banyak waktu sehingga memilih jenis pengobatan MIND BODY INTERVENSION seperti meditasi dan yoga. Ada pula yang memilih CHIROPRACTIC yang memanipulasi anggota tubuh, karena budgetnya ada. Sedangkan yang tak takut jarum bisa memilih AKUPUNKTUR untuk terapi energi. Kalau mau yang murah meriah dan alami dari kebun sendiri, bisa mencoba TERAPI HERBAL, seperti saya.

akupunktur

Mudah-mudahan apa yang saya bahas mengenai SELUK BELUK PENGOBATAN ALTERNATIF dan KOMPLEMENTER ini bisa memberikan wacana bagi anda dalam memilih proses penyembuhan. Jika kurang jelas, dapat dibaca di bukunya – yang mencantumkan alamat-alamat tempat praktek dan konsultasi beberapa pengobat alternatif, atau tulis pertanyaan di blog ini dan saya akan menjawab secara pribadi melalui e-mail.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: