MAKANAN ANTI KANKER

Banyak yang menanyakan, mengapa dewasa ini makin sering ditemukan masalah-2 yang  menimbulkan kanker. Usia penderita makin muda saja, dan jenis-2 kankernya pun makin beragam. Apakah kanker bisa diantisipasi melalui asupan makanan yang biasa kita makan sehari-hari?

Dari buku “Makanan Anti Kanker” yang diterbitkan oleh “Kawan Pustaka” tahun 2006 disebutkan bahwa hampir semua bahan makanan mengandung zat gizi, dan ternyata hampir semua zat gizi yang kita konsumsi mempunyai peran yang cukup baik untuk membentengi diri dari serangan penyakit terutama penyakit kanker.

Yang memberikan peranan besar sebagai makanan anti kanker antara lain adalah:

  • makanan berserat tinggi, semisal oat, serealia, sayuran, dan kacang-2an.
  • makanan sumber anti oksidan, berupa klorofil pada sayuran, karotenoid pada buah yang berwarna merah, flavonoid dan polifenol pada golongan teh, isoflavon pada kedelai dan sebagainya.

Namun perlu diingat, hindari makanan yang diproses menggunakan tambahan senyawa kimia, apalagi yang menambahkan bahan-2 yang bersifat karsinogenik. Penambahan senyawa ini tentu saja akan merusak kandungan gizi dari makanan, walaupun kadangkala tujuan penambahannya ini adalah untuk memperindah tampilan, menguatkan rasa, atau mencegah terjadinya pembusukan.

Berikut ini saya tampilkan beberapa resep masakan yang terdapat dalam buku tersebut, yang mungkin bisa anda praktekkan di rumah.

  1. Pepes ikan tuna (kandungan omega-3 alami yang tinggi pada ikan tuna, mencegah resiko kanker)
    Bahan: ikan tuna buang durinya 250 gr
    Bumbu: Kemiri 3 butir, bawang merah 3 butir, bawang putih 3 siung, jahe 1/2 ruas jari, serai 1 batang iris tipis, kunyit 1/2 ruas jari, lengkuas 1/2 ruas jari iris tipis, garam sedikit, gula pasir secukupnya, daun salam 3 lembar,dan daun pisang sebagai pembungkus.
    Cara:  Haluskan semua bumbu, ikan tuna dicampur dengan bumbu, sisipkan daun salam. Bungkus dengan daun pisang, kukus sampai matang.

Jus Wortel-Nanas Betakaroten
Bahan: Nanas 150 gr, wortel 100 gr, gula pasir secukupnya.
Cara: Bersihkan nanas dan wortel dari kulitnya. Kukus nanas kira-2 3 menit, potong-potong wortel dan nanas lalu blender dengan ditambah 1/2 gelas air dan gula secukupnya.

Semoga bermafaat!

6 responses to this post.

  1. Thanks buat info menariknya, ini juga ada makanan kesehatan yang sekaligus juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh hingga 437% http://transferfactorbandung.wordpress.com/ mampir ya.

  2. Posted by rumahherbalku on May 13, 2009 at 9:23 am

    Terimakasih banyak!
    Saya sudah mampir ke website anda. Good product but still too expensive for mostly Indonesian people…
    We’re here to help people to improve their quality of life with something NATURAL that nature already preserve (especially Indonesian heredity) and it’s got to be REASONABLE for some reason, okay?!

  3. Posted by Maria Cheung on May 22, 2009 at 4:47 pm

    Saya suka Info Kesehatan

  4. Posted by rumahherbalku on May 24, 2009 at 6:08 am

    Saya pernah jalan-jalan juga ke INFO KESEHATAN. tips nya bagus-bagus, milisnya juga rame. Alexa rank nya lumayan.
    Tapi apa yang saya tulis di blog saya ini mempunyai visi dan misi berbeda. INFO KESEHATAN berada pada posisi pengobatan konvensional atau medis, sedangkan saya memberikan alternative healing khususnya di bidang terapi herbal. Dan semua kami fokuskan secara holistik agar manusia bisa kembali kepada kemampuannya ber “self healing”

    INFO KESEHATAN kadang-kadang saya manfaatkan untuk menggali informasi jenis-2 obat apa saja yang telah dikonsumsi oleh pasien saya.

    Terima Kasih atas komentarnya!

  5. Posted by steve on March 8, 2010 at 5:10 pm

    akhir2 ini gencar fwd-an email yang mengatakan buah sirsak termasuk makanan yang punya kandungan kuat untuk membasmi sel2 kanker. apakah ini benar/ sudah dibuktikan ilmiah? ato hanya HOAX semata?

  6. Posted by rumahherbalku on March 18, 2010 at 3:01 pm

    Kami belum sempat mempelajari lbih lanjut, tapi yang jelas, selama itu adalah makanan dan pemberian langsung dari Sang Pencipta, saya kira tak ada salahnya dikonsumsi. Cuma, jangan berlebihan… segala sesuatu yang berlebihan kan pasti ada resikonya…
    Selamat mencoba jus sirsak ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: