KARSINOGEN; Apa dan apa saja?

Karsinogen (carcinogen), bahasa sederhananya adalah zat-zat yang mampu mencetuskan dan memicu tumbuhnya kanker.
Seperti yang telah di bahas sebelumnya, potensi kanker memang sudah ada pada diri manusia manapun, namun untuk membentuk dan menjadikan sel berpotensi kanker itu tumbuh, diperlukan suatu lingkungan khusus, termasuk adanya bahan-2 karsinogen.

Karsinogen berada di sekeliling kita dan tanpa kita sadari tercampur pada udara yang kita hirup, minuman, dan makanan. Secara mendasar, karsinogen dibagi menjadi dua golongan, karsinogen yang berasal dari bahan pangan, dan non bahan pangan.

Karsinogen dari bahan pangan terdapat pada sebagian besar lemak, hydrazin pada jamur champignon, solanin pada kentang yang berwarna hijau, aflatoksin pada jagung, benzoapyrene pada makanan yang diawetkan dengan pengasapan, sakarin dan siklamat, juga ditengarai memicu kanker secara mutagen.

Sedangkan karsinogen dari non bahan pangan, sudah jelas adanya. Asap rokok, polusi udara yang mengandung timbal atau karbon monoksida, kandungan merkuri pada kosmetika, pengaruh alkohol, penggunaan obat kimia yang tidak semestinya, dan sebagainya. Lantas bagaimana menghindarkan diri dari hal-hal karsinogenik yang sekarang ini makin marak penggunaan maupun keberadaannya?

 

Kembalilah kepada alam. Baca posting saya mengenai back to nature. Kembali ke alam secara keseluruhan berarti belajar menyayangi diri sendiri dan mensyukuri rahmat yang telah diberikan Sang Pencipta kepada kita. Upaya-upaya kembali ke alam ini makin sering didengungkan di negara-negara maju. Metode memasak “slow cooking” yang terasa lamban namun lebih efektif bagi kesehatan, menu-menu vegetarian yang seimbang, dan penggunaan terapi herbal sebagai pengganti supplemen kimia dan obat-obatan serta meminimalisir pemakaian kosmetika, membantu mengurangi paparan karsinogen.

Segala upaya yang bertujuan ke arah kepraktisan dengan memangkas proses, biasanya akan memberikan efek samping yang besar bagi tubuh kita. Begitupun zat-zat karsinogen yang sebetulnya timbul karena upaya manusia sendiri. Maka, siapkan diri anda dengan sistem kekebalan tubuh yang baik untuk menahan reaksi dari zat-zat karsinogen tersebut.

3 responses to this post.

  1. Posted by kembung eka bayu on April 14, 2009 at 1:24 pm

    cara menghilangkan kanker di pantat dengan cara trdisional ok thx coy

  2. Posted by rumahherbalku on April 14, 2009 at 2:58 pm

    Kanker di pantat = kantong kering???
    Saya coba jawab melalui e-mail, yah!

  3. […] menarik minat anak-anak tak berdosa, dan akhirnya zat-2 tersebut – yang sebagian besar bersifat karsinogenik, menumpuk sedikit demi sedikit dalam takaran yang pas untuk membangkitkan kanker di usia dini! Tak […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: