ONCE AGAIN ABOUT ALTERNATIVE MEDICATION

Saya dengan sangat “terpaksa” menulis kembali dengan lebih detail mengenai APA SIH PENGOBATAN ALTERNATIF itu? Dimana letak perbedaannya dengan pengobatan konvensional atau yang lebih sering di kenal dengan PENGOBATAN MEDIS? Saya akan memberi penjelasan sedikit berdasarkan tulisan dalam buku “SELUK BELUK PENGOBATAN ALTERNATIF DAN KOMPLEMENTER” Tim Vitahealth yang diterbitkan oleh BIP karena banyaknya pertanyaan yang masuk melalui FaceBook, dan e-mail.

  • KEMAMPUAN PENYEMBUHAN ALAMI

Pengobatan alternatif percaya pada suatu kenyataan bahwa sesungguhnya manusia memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri, selama terjadi keseimbangan homeostatis dengan memandang keseluruhan tubuh secara holistik dan saling mempengaruhi satu sama lain. Pengobatan alternatif cenderung akan mengobati dengan memberikan dukungan atau perkuatan sistem kekebalan tubuh daripada menggunakan antibiotik dan obat-obatan sintetik lainnya.

  • BERORIENTASI PADA PASIEN DARIPADA DOKTER

Pengobatan alternatif sangat berorientasi pada pasien. Perasaan, keyakinan, dan pendapat pasien menjadi unsur-2 penting dalam penanganan dan pengambilan keputusan. Pada pengobatan medis, segala keputusan berada pada dokter dan pengambilan keputusan lebih didasarkan pada statistik kejadian/occurence.

  • MEMBUTUHKAN WAKTU YANG LEBIH LAMA

Pengobatan alternatif bertujuan pula untuk merangsang respons penyembuhan secara alami, sehingga untuk memperbaiki sistem dan mengembalikan keseimbangan homeostatis tentu saja memerlukan waktu yang relatif lebih panjang daripada penyembuhan paliatif.

  • MENGGUNAKAN BAHAN-2 ALAMI

Pengobatan alternatif biasanya menggunakan bahan-2 alami karena bahan-2 alami biasanya lebih mudah diserap oleh tubuh dan kecil kemungkinannya memberikan efek samping apabila dikonsumsi sesuai aturan, daripada bahan-2 sintetis. Efek samping yang diakibatkan penggunaan bahan alami biasanya disebabkan oeh proses detoksifikasi, dan segera hilang jika pemakaian dihentikan. Biasanya bahan-2 alami yang dapat menimbulkan reaksi alergi juga diinformasikan kepada pasien.

  • STANDAR KESEHATAN YANG LEBIH TINGGI

Jika pada pengobatan medis definisi “sehat” adalah “tidak sakit”, maka dalam pengobatan alternatif, “sehat” tidak berhenti pada kondisi “tidak sakit”. Evaluasi kondisi seseorang dapat meliputi energi vital, tingkat kebahagiaan, bahkan kehidupan spiritualitas. Penilaian atas kesehatan seseorang bisa saja memperhitungkan pola makan, gaya hidup, kebiasaan berolahraga, sampai pada masalah-2 psikologis.

  • TERUTAMA UNTUK PENYEMBUHAN PENYAKIT KRONIS

Pengobatan medis lebih fokus terhadap penanganan tauma dan keadaan gawat. Untuk penyakit kronis, pengobatan alternatif yang memandang tubuh secara keseluruhan sistem, tidak terpisah-pisah/ terspesialisasi memberikan efek penyembuhan yang efektif.

Masih banyak lagi definisi yang membedakan pengobatan alternatif (yang tentunya sudah diakui oleh khalayak umum akan standar prosedurnya) dengan pengobatan medis yang dijabarkan pada buku tersebut. Pada dasarnya, pengobatan medis bisa berjalan beriringan dengan pengobatan alternatif, asalkan pasien menginformasikan jenis pengobatan alternatifnya kepada dokternya. Hal ini memungkinkan dokter anda untuk memberikan saran dan informasi yang mungkin diketahuinya mengenai jenis pengobatan alternatif tertentu.

 

Yang jelas, pada halaman 31 disebutkan beberapa “rambu-rambu” peringatan bagi anda yang memutuskan menggunakan pengobatan alternatif agar lebih berhati-hati yakni :

 

 

 

 

 

  • hati-2 dengan kata-2 : JAMINAN MEMUASKAN (SATISFACTION GUARANTEE), KEAJAIBAN PENGOBATAN (MIRACLE CURE), PENEMUAN BARU (NEW DISCOVERY). Obat bukanlah untuk dicoba-2, sekalipun obat tersebut merupakan bahan alami.

  • istilah-2 yang meyakinkan tetapi tak dapat dibuktikan secara medis, misalnya : MEMBERSIHKAN (PURIFY), PENETRAL RACUN(DETOXIFY), MEMBANGKITKAN TENAGA BARU (ENERGIZE) namun tidak menjabarkan artinya secara gamblang.

  • apalagi jika menyebutkan produk tertentu bisa MENYEMBUHKAN SEGALANYA atau yang baru-2 ini memberikan masukan pada blog ini mengatakan PENGOBATAN ALTERNATIF TANPA OPERASI. Nah! memangnya ada pengobatan alternatif yang menggunakan prosedur operasi???

  • beberapa sugesti mengenai produk tertentu menyembuhkan penyakit tertentu namun tidak jelas, misalnya SUSU KUDA LIAR. Kuda liar yang mana? apakah yang dipelihara dan makanannya dijaga? ataukah yang dibiarkan tumbuh dan makan rumput liar?

Dengan wacana seperti ini saya sangat berharap tidak ada lagi kesalahan yang menyebabkan penyakit yang diderita bertambah parah setelah menjalani pengobatan alternatif. Pelajari terlebih dulu kredibilitas media yang memuatnya. Entah itu website atau media apapun. Seorang pengobat yang sejati, dokter, maupun pengobat alternatif, tidak bertujuan MENJUAL PRODUK namun semata-mata memberikan pendampingan dan pengarahan bagi pasien dan keluarganya, menuju kesembuhan dan kesehatan sepenuhnya!

One response to this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: