MENTAL AND SPIRITUAL HEALTH

gila

Seusai Pemilu Caleg yang (kelihatan & kedengarannya) amburadul, perhatian masyarakat beralih pada banyaknya kasus-kasus seputar kesehatan mental Caleg-caleg gagal. Sebenarnya masih banyak parodi kehidupan lain yang menyebabkan stress dan konflik, namun baru kali ini segmen perjalanan hidup manusia berikut kondisi kesehatan mentalnya, dipublikasikan besar-besaran. Terlepas dari campur tangan pers yang (kadang-kadang) suka memoles berita, anda bisa menilai diri sendiri, seberapa sehat-kah mental dan spiritual yang mereka miliki – apakah wajar dengan tingkat kesehatan mental & spiritual (EQ) tersebut, mewakili suara segenap rakyat Indonesia?

ujian+nasional

Dilanjutkan kemudian dengan datangnya momok berlabel UNAS yang sangat ditakuti oleh siswa-siswi SMA. Koran kembali diramaikan dengan persiapan-2 “khusus” guna menghadapi acara tahunan tersebut. Mulai dari terapi SEFT, Hipnosis, bahkan ada yang menggunakan dukun segala…

psychology1

Sekilas tampak ada kemiripan, namun beda tujuan. Seharusnya ada muatan berhikmah di sini yang bisa kita semua ambil. Pelajaran bahwa kesehatan tidak bisa hanya dinilai dari fisik saja. Tidak sehat = tidak sakit. Kesehatan sudah harus diukur berdasarkan kriteria baru yakni SEHAT FISIK, SEHAT PSIKIS, DAN SEHAT SPIRITUAL. (Sehat Itu Murah-Handrawan Nadesul-KOMPAS) Jadi apa yang sekarang ini dijadikan pedoman persyaratan pada tiap kegiatan yakni TES KESEHATAN haruslah meliputi ketiga-tiganya. Physical Health, Mental Health and Spiritual Health, karena menurut penelitian dimanapun, kedua kondisi inilah yang paling banyak MENYUMBANGKAN jumlah orang SAKIT ketimbang SAKIT FISIK!

xPsychology4aMental health dan Spiritual health, sebagian besar berawal dari rumah dan lingkungan terdekat. Tak seperti sakit fisik karena paparan virus, ataupun kerusakan organ, kedua kriteria sehat ini lebih bisa DIHINDARI pencetus penyakitnya! Lebih banyak DICIPTAKAN sendiri oleh penderitanya. Karena itu, sesekali kunjungan ke paramedis yang mengurusi bagian ini (psikolog, psikiater, therapist) sangat perlu; untuk menata kembali hidup, menemukan makna hidup, dan memperbaiki cara pandang terhadap hidup kita selama ini….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: