RAMAI-RAMAI TES KESEHATAN

Ketiga incumbent presiden dan wakil presiden telah menjalani serangkaian tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto. Tes kesehatan ini meliputi kesehatan fisik dan jiwa, karena tentu saja sebagai pemimpin negara, rakyat mengharapkan seseorang dengan kondisi yang prima, paling tidak untuk lima tahun kedepan.

img2

 

 

Tes kesehatan fisik dan jiwa yang dijalani oleh para calon Presiden dan Wakil Presiden ini juga memberikan manfaat bagi personal yang menjalaninya, sebagai tolak ukur pemeliharaan kesehatan mereka di masa depan.

Itulah sebetulnya tujuan dan fungsi dari tes kesehatan. Dari mulai yang sederhana – pemeriksaan gula darah, trigliserida, kadar kolesterol dan asam urat,sampai yang kompleks, macam yang dijalani para caPres dan caWapres adalah sebagai poin awal bagaimana selanjutnya kehidupan akan dijalani. Tes kesehatan merupakan faktorterpenting apabila kita ingin memperbaiki kualitas hidup, dan merubah gaya hidup. Hasil dari tes kesehatan inilah yang akan membantu anda memahami tubuh anda sendiri sebelum datang penyakit, ataupun pada saat kita diserang penyakit. Tes kesehatan bukan hanya suatu penilaian sampai dimana kerusakan atau permasalahan pada tubuh yang sedang kita alami, namun merupakan dasar pengetahuan kita untuk menganalisa kondisi sebenarnya dan kemudian menentukan strategi berikutnya untuk memperbaiki kondisi yang ada.

medical9

Kapan sebaiknya memulai tes kesehatan? Tentunya tidak menunggu saat dicalonkan jadi Presiden atau Wakilnya khan…

newborn_smileTes kesehatan, jika anda “merasa” baik-baik saja umumnya dimulai sejak usia produktif awal. Saya menyarankan pada usia 30 tahun bagi pria dan 25 tahun bagi wanita. Itu belum termasuk tes kesehatan yang harus dijalani sebelum menikah, lho! Tes kesehatan pra-nikah sebetulnya sangat penting. Jangan lupa bahwa setelah menikah, anda dan pasangan akan melakukan proses reproduksi, dimana salah satu tujuan dari proses tersebut adalalah memiliki keturunan. Tentu saja setiap orang mengharapkan keturunannya memiliki kondisi yang lebih baik, artinya tidak membawa atau menurunkan sifat-sifat negatif dari masing-masing orangtuanya, termasuk dengan kondisi genetiknya. Untuk itu diperlukan serangkaian tes kesehatan pra-nikah terutama jika anda atau pasangan anda mempunyai faktor resiko tinggi terhadap beberapa penyakit degeneratif macam hipertensi, diabetes tipe 1, maupun hepatitis B.

 Xray Sebagai permulaan, lakukan general check up – biasanya sudah berupa paket-paket pengetesan, bergantung pada budget dan keperluan anda. Setelah ketahuan hasilnya, konsultasikan pada dokter umum (diutamakan dokter keluarga, yang mengerti riwayat kesehatan anda dan keluarga) sehingga dia dapat membentuk sebuah tim yang handal untuk membantu menangani kondisi kesehatan anda, BILA DIPERLUKAN.

Apabila hasil tes awal anda baik-baik saja – tidak menunjukkan adanya kerusakan organ ataupun keanehan lainnya, anda bia bernapas lega, namun kemudian harus tetap merencanakan hidup anda ke depan. Lakukan tes sederhana (gula darah, kolesterol dan asam urat) setidaknya setahun sekali, biarpun tak ada keluhan. Bukankah MENCEGAH jauh lebih baik daripada MENGOBATI???  Sickly 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: