MENCARI PRODUK ALAMI

Dari sekian banyak pasien yang berkonsultasi di Balai Pengobatan kami, selalu saja muncul pertanyaan mengenai keaslian produk. Apakah produk yang “kebetulan” kami jual itu asli mengandung tanaman obat, atau terdapat campuran bahan kimia di dalamnya.

Tentu saja sangat sulit menentukan keaslian suatu produk apabila kita tidak “melihat sendiri” proses pembuatannya. Di jaman sekarang, manakala kemajuan teknologi berkejaran dengan fluktuasi harga, kita tidak pernah tahu apakah kandungan suatu produk sesuai benar dengan apa yang tertulis pada kemasannya.

dendeng160409Tengok saja kasus jamu berbahan kimia yang pernah dibahas di blog ini. Pada golongan makanan juga pernah beredar dendeng sapi yang berbahan daging babi, padahal jelas-jelas di kemasannya dituliskan “aseli daging sapi” dan “100% halal”. Temuan BPOM inipun sampai-sampai bentrok dengan MUI yang menyatakan bahwa salah satu produk dendeng sapi tersebut memang benar-2 halal karena mereka telah “menyaksikan” sendiri proses pembuatannya, memeriksa di laboratorium dan sebagainya sehingga dapat memberikan sertifikasi HALAL pada produk tersebut. 100_25982RedAnthurium 

 

 

 

 

Pada setiap sesi konsultasi, kami biasanya menjelaskan jenis-jenis tanaman yang sesuai untuk penyakit yang diderita. Karena kami selama ini berlandaskan pada pengetahuan mengenai tanaman obat asli Indonesia, maka apa yang kami resepkan adalah tanaman-2 yang mudah didapat di Indonesia. Sayangnya, di kota-kota besar seperti Surabaya, varietas tanaman obat sudah tergusur oleh tanaman-2 yang bernilai uang seperti Aglaonema, Adenium, Anthurium, atau tanaman-2 yang memiliki potensi keindahan dan mudah perawatannya seperti yang ada di taman-2 kota. Apabila pasien sanggup dan bisa “provide” atau menyediakan bahan tanaman obatnya secara alami, tentu saja kami akan menyarankan agar mengkonsumsi yang alami, dengan pemahaman mengenai peracikan (jika harus diracik), penyimpanan, perebusan, dan pengawetannya agar tidak mudah rusak/busuk/berjamur.

 

 

spirulina-capsulesNamun seiring dengan kesibukan masing-masing individu, adakalanya pasien menginginkan kepraktisan. Disini kami membantu menyediakan tanaman obat berupa bubuk simplisia yang dikemas dalam kapsul, atau bubuk ekstraksi yang juga dikemas dalam kapsul. Satu tanaman untuk satu jenis kapsul – tanpa embel-embel.

pecel_132433854273_fa0638daf2Memang rasanya masih kurang praktis, harus mengkonsumsi sekian jenis tanaman dalam kapsul untuk penyakit tertentu. Sebut saja hipertensi. Ada tanaman yang berguna untuk mengencerkan darah, ada tanaman yang memperkuat jantung, ada pula tanaman yang melemaskan otot pembuluh darah. Namun semua itu kami kembalikan kepada pasien, karena pada dasarnya, tanaman tetap saja makanan. Sama ketika kita sedang mengkonsumsi Pecel, dimana kita dapat menemukan berbagai jenis sayur mayur yang tercampur jadi satu dalam lumuran bumbu kacang, atau rujak buah yang mestinya berisi lebih dari tiga macam buah-buahan dicampur bumbu gula jawa, makin banyak variasi yang kita makan, makin terakomodasi semua kebutuhan nutrisi dalam tubuh!  Thanksgiving Dinner 2  

 

Kami lebih mendasarkan pada kenyataan bahwa sebetulnya tubuh mampu mengontrol kelebihan dan kekurangan nutrisi melalui sistem homeostasisnya, sehingga kami juga tidak menyarankan penggunaan tanaman dengan dosis tertentu secara rutin, seperti yang biasa diresepkan pada obat dokter. Pada saat inilah, pasien harus mau dan mampu belajar “mendengarkan” tubuh mereka sendiri!Bukan hanya mengenali GEJALA, namun juga mengenali PERUBAHAN POSITIF nya. Jadi, anda sendiri yang bisa menetukan apakah suatu produk alami, ataukah telah diberi campuran “booster” agar dapat memberikan “reaksi cepat”. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: