REVIEW BUKU DR. HIROMI SHINYA

MIRACLE OF ENZYME! Dari judulnya saja saya sudah naksir buku ini. Sebetulnya sudah lama saya memilikinya, namun saya baru terpicu menulis review-nya setelah “tergoda” oleh tulisan Pak Dahlan Iskan di korannya Jawa Pos, Senin, 18 Mei 2009,  yang menurut saya cuma mengupas salah satu bagian kecil saja dari semua ilmu yang ditulis Dr. Shinya di bukunya yang kontroversial itu.

Buku yang diberi kata pengantar oleh MenKes Siti Faadilah Supari, tentunya bukan buku biasa, penulisnya pun bukan “dokter biasa”. Dr. Hiromi Shinya memulai prakteknya sebagai dokter bedah di usia yang relatif muda, di Amerika pula! Takdir membawanya menekuni bidang endoskopi gastrointestinal dan ilmunya yang diilhami oleh visualisasi kolonoskop, membuatnya menyadari kembali betapa tubuh manusia sudah di “DESAIN” dengan sangat sempurna.

img4Kesempurnaan ini didukung oleh keseimbangan pada semua sistem yang menunjang kehidupan. Keseimbangan yang super rumit ini diatur oleh suatu enzym pangkal, dimana enzym pangkal tersebut dapat saja terkuras habis karena gaya hidup maupun pola makan dan asupan nutrisi yang tidak mendukung kebutuhan hidup manusia. Dari pengalamannya “mengintip” usus pasien dan mendata gaya hidup pasien melalui serangkaian kuisioner, Dr. Shinya menyimpulkan beberapa hal yang sebetulnya kontroversial di bidang kedokteran konvensional, diantaranya:

  • Hanya tubuh yang dapat menyembuhkan dirinya sendiri. Dokter menciptakan ruang bagi terjadinya penyembuhan, sementara obat digunakan hanya dalam keadaan darurat.
  • Obat keras, hanya akan mengalahkan sistem kekebalan tubuh. Semakin cepat efek suatu obat, semakin kuat “racun” yang dikandungnya.
  • Obat-obatan tidak dapat menyembuhkan penyakit hingga mendasar. Satu-satunya cara mendasar untuk menyembuhkan penyakit terletak pada gaya hidup sehari-hari.
  • Susu sapi hanya untuk anak sapi. Intoleransi susu disebabkan enzym laktase habis sebelum waktunya.stetoskop
  • dan banyak lagi temuan-temuan menarik lain yang dituliskan di buku tersebut, termasuk 7 kunci emas Dr. Hiromi Shinya untuk hidup sehat yang sekiranya apabila mampu kita lakukan, niscaya akan menjauhkan kita dari penyakit – mengingat Dr. Shinya sendiri telah menerapkannya dan jatuh sakit terakhir kali pada usia 19 tahun!

Buku ini, seperti buku-buku referensi saya lainnya, kembali memandang tubuh manusia sebagai satu kesatuan yang utuh, yang mampu menyembuhkan dirinya sendiri, asalkan kita memberikan dukungan terhadap seluruh kebutuhannya untuk tetap hidup dengan sehat. Bukan cuma Pak Dahlan Iskan saja yang sudah “tergoda” untuk mengikuti terapi self healing ini, saya harap anda juga ikut “tergoda” untuk kehidupan yang lebih baik. Untuk life improvement!

3 responses to this post.

  1. Posted by diana on July 19, 2009 at 4:34 pm

    mhn informasi ttg enema kopi yg dibuku shinya, dimana sy bisa beli
    trims.

  2. Posted by rumahherbalku on July 20, 2009 at 7:43 am

    Buku Dr. Hiromi bisa didapatkan di TB. Gramedia atau toko buku besar lainnya. Hingga hari ini saya lihat masih banyak beredar. Harga sekitar Hard cover Rp. 75.000,- kalau tidak salah. (soalnya saya belinya pas launching, jadi udah lama…)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: