BEKAS GIGITAN NYAMUK

mosquito-main_Full

Hidup di Indonesia, terutama di kota besar yang padat penduduknya – sama artinya dengan hidup bersama nyamuk. Entah kenapa seiring dengan pertumbuhan populasi yang menggembung di daerah perkotaan, nyamuk tak mau ikut ketinggalan. Mereka berkembang biak dengan kecepatan yang lebih dari perkembangbiakan nyamuk di daerah pedesaan.

 

bite_081908Pada kasus gigitan nyamuk rumahan, sensasi rasa gatal membuat tangan secara otomatis menggaruk kulit. Kadangkala kita menggaruk dengan membabi buta karena jengkel dan terganggu di sela lelap tidur. Keadaan tak sadar membuat bekas garukan dan bekas gigitan menjadi tak sedap dipandang pada keesokan paginya!

Ada lagi yang sering dialami anak-anak. Karena kurang rajin memotong kuku, maka luka yang ditimbulkan akibat bekas garukan sering menimbulkan pendarahan. Tak berhenti di situ saja, luka yang kadangkala sudah membaik dan tertutup oleh lapisan hitam (keropeng), kembali digaruk-garuk dan akhirnya menimbulkan bekas permanen pada kulit. Yang tadinya hanya bentol-bentol, digaruk sampai berdarah, darah mengering menjadi koreng, malah digaruk lagi dan berdarah lagi… Ampun deh!

Anak perempuan saya mengalami hal yang sama, begitu pula masa kecil adik perempuan saya. Kakinya dipenuhi bekas gigitan nyamuk yang berulang kali digaruk. Pada jaman saya kecil, Ibu sangat telaten memberi salep dan memotong kuku adik saya. Pada lokasi yang terlihat parah, Ibu menggunakan perban setiap kali berangkat tidur agar adik tak bisa lagi meggaruknya.

Lain sekarang. Setelah berlarut-larut hanyut dalam kesedihan dan kejengkelan karena anak perempuan saya sering menggaruk kembali bekas gigitan nyamuk, saya mencoba untuk memberinya kapsul Mimba (Azadirachta Indica) satu butir sebelum tidur. Jika hendak tidur di malam hari, saya sempatkan mengolesi lukanya satu per satu dengan salep Pegagan (Centella Asiatica). Tanpa target, ternyata dalam waktu singkat (sekitar DUA HARI), kaki dan sekujur badan anak perempuan saya tak lagi terlihat seperti foto-2 Manohara setelah dianiaya!

Mula-mula saya tak menyadari. Ketika sedang berada di sampingnya, saya mengenali gerakan khas menggaruk mulai hilang. Saat itu baru saya amati, tak satupun bekas lukanya mengalami pendarahan kembali, atau membentuk keropeng. Tinggal sisa bekas pigmentasi di kulit yang akan menghilang seiring dengan masa pertumbuhannya.

Biasanya saya memberikan salep Pegagan maupun kapsul Mimba untuk kasus yang lebih gawat, semacam keloid, herpes, luka bakar, maupun luka yang diderita pasien diabetes. Begitulah… hal-hal sepele seperti bekas gigitan nyamuk seringkali terlupa.

Barangkali anda memiliki anak-anak dengan kasus yang sama, silahkan coba beri salep Pegagan dan minum kapsul Mimba, niscaya anda tidak akan mendengar suara garukan membabi buta di malam hari!

8 responses to this post.

  1. Posted by vita on July 17, 2009 at 10:51 pm

    beli salep pegagan dan kapsul mimba dimana?

  2. Posted by rumahherbalku on July 18, 2009 at 7:27 am

    Kami menyediakan salep dan kapsul tersebut di atas.
    Harga salep mimba : Rp. 35000,- /1 pot
    Harga salep pegagan : Rp. 30.000,- / 1 pot
    Harga kapsul Pegagan bisa dilihat di daftar produk.
    Belum termasuk ongkos kirim.
    Jika berminat, kirim saja SMS via 0811300432.
    Terimakasih.

  3. Posted by Renny on August 27, 2009 at 12:26 pm

    Apakah keduanya efektif untuk bekas luka yang sudah menahun?

  4. Posted by rumahherbalku on September 3, 2009 at 11:53 am

    Setiap sel dalam tubuh kita mempunyai usia. Apabila kerusakan sel-2 tersebut masih bisa diperbaiki, maka tubuh akan berusaha memperbaiki – terlihat sekali pada sel-2 anak-2 yang berada dalam masa pertumbuhan. Tetapi pada suatu masa tertentu, sel-2 tidak lagi bisa mereplikasi diri, sehingga kemampuan regenerasipun menurun.

    Apabila anda telah melampaui masa-2 ini, tentu saja bekas gigitan nyamuk tidak dapat hilang sepenuhnya…

  5. Posted by Hindun on September 30, 2009 at 5:41 pm

    Salep pegagannya apa untuk menghilangkan gatal? Soalnya anak saya tiap ada bentol kecil digaruk jadi besar dan gatalnya lama. Kesian liatnya apalagi kalo lagi tidur

  6. Posted by rumahherbalku on October 1, 2009 at 3:21 pm

    Keterangan dalam gambar tulisannya terlalu kecil, yah? He..he..he…

    Begini, bu… Respon gatal karena gigitan nyamuk disebabkan oleh HISTAMIN, sebagai bagian dari sistem imun. Kadar HISTAMIN yang dikeluarkan oleh tubuh berbeda pada tiap orang. Ada yang meresponnya berlebihan sehingga gatal tidak hilang-hilang (seperti anak saya) ada pula yang secukupnya saja. HISTAMIN jua menyebabkan bentol karena fungsinya menghalangi penyebaran bisa nyamuk (yang berisi anti koagulan/anti pembekuan darah).

    Kadar HISTAMIN ini yang menentukan adalah tubuh kita sendiri. Biasanya kalo orang dulu bilang, darahnya manis, jadi histamin-nya tinggi. Untuk menekan atau menetralkan kadar histamin agar tidak berlebihan diperlukan anti-histamin. Salah satu anti-histamin ya terdapat pada tanaman obat yang biasanya berasa pahit. Contohnya Mimba (Azadirachta Indica) yang saya berikan melalui kapsul untuk anak saya.

    Pegagan salep saya berikan karena fungsi Pegagan sebagai pemicu regenerasi sel yang sangat bagus. Salep itu saya berikan pada bekas luka gigitan yang digaruk. Jika tujuannya hanya untuk mengurangi rasa gatal sementara, gunakan saja salep-salep yang biasa beredar bebas yang mengandung sedikit menthol. Rasa hangat yang dikeluarkan bisa mengurangi gatal dan menghindari garukan yang akan menyebabkan area bentol meluas.

  7. Posted by lira on January 5, 2010 at 4:56 pm

    Apakah kulit yang sudah banyak bekas lukanya dapat hilang pada umur 15 tahun?

  8. Posted by nindy on April 28, 2010 at 10:24 pm

    dikaki saya banyak bekas gigitan nyamuk dr usia 3 taun,,sekarang saya usia 24 tahun..apa bisa dihilangkan??

Leave a Reply

