REVIEW BUKU KARTUN BIOLOGI GENETIKA

Seharusnya, sebelum membaca buku G E N O M, saya bisa me-refresh-kan ingatan saya mengenai pelajaran genetika di SMA dengan buku kartun ini. sayangnya, saya kesulitan mencari buku terbitan tahun 2001 yang dicetak ulang tahun 2006 ini di toko-toko buku. Mungkin saja karena peminatnya tak banyak sehingga sudah masuk ke gudang KPG.

img13Penemuan buku ini berawal dari belanja buku pelajaran bekas di pasar Blauran untuk kedua anak saya (imbas dari tahun ajaran baru). Setelah mendapatkan beberapa buku pelajaran bekas dengan harga terjun (Rp.10.000,- per buku), saya melihat buku KARTUN BIOLOGI GENETIKA terbitan KPG itu menggantung indah di salah satu kios. Dengan fisik yang masih bersegel dan banderol masih menempel Rp. 40.000,- saya bisa menawar dengan membabi buta sehingga buku tersebut masuk ke tas belanja dengan harga hanya Rp. 10.000,- saja!

img15Begitulah! Mungkin memang Yang Maha Tahu merestui pembelajaran ulang saya soal genetika, biarpun harus berjalan mundur. Buku G E N O M sebetulnya sudah lumayan jelas dan sederhana, namun dengan ilustrasi kartun, tentu saja semuanya terlihat LEBIH GAMBLANG lagi! Biarpun Larry tak bisa menggambar DNA Double Helix dengan indah seperti gambar yang pernah saya unduh di 3Dscience.com, namun persepsi sudah bisa terbentuk. Larry bisa mendefinisikan jargon-jargon penting mengenai genetika dengan ilustrasinya, dan mencairkan suasana kaku dunia asam amino dan enzim dengan guyonannya. Bahkan dia menciptakan 3 bentuk RNA; t-RNA, m-RNA dan Ribosom, dengan visualisasi sederhana. KARTUN BIOLOGI GENETIKA ini ditulis Larry Gonick bersama Mark Wheelis, seorang dosen senior Mikrobiologi di University of California. Mark Wheelis juga menulis THE MICROBIAL WORLD yang pastinya akan saya cari sehabis ini!

img18Bila ada yang bertanya-tanya mengapa saya tiba-tiba “mengalihkan perhatian” pada biologi genetika dan mikrobiologi, semata-mata karena saya ingin mengetahui siklus dari metabolisme tubuh dan sistem-sistem pendukungnya dari sudut mikro. Pengetahuan mengenai genetika dan mikrobiologi akan membantu saya memahami tubuh secara holistik. Keseluruhan. Dan cara kerja mikro membuat saya makin mengerti sistem INTERVENSI mutagen, karsinogen maupun mikroorganisme seperti parasit, virus, dan bakteri yang senantiasa berada di sekeliling kita. Pengetahuan ini sungguh berharga sehingga kita bisa dengan nyaman dan aman hidup selaras dengan para peng-intervensi tadi, tanpa merasa dirugikan. Bagaimanapun juga, kita hidup di dunia yang sangat kompleks, dan buat saya, belajar dari suatu titik awal, membuka pintu pengetahuan kepada hal-hal yang lebih besar, yang seringkali tidak kita sadari keberadaannya telah bersinggungan dengan diri kita setiap hari!

Leave a Reply

