PERJUANGAN BELUM SELESAI


Hiruk pikuk penyergapan Noordin M. Top
di Solo baru-baru ini yang berakhir sukses, merupakan hasil dari perburuan bertahun-tahun yang memerlukan kerjasama dan koordinasi solid beberapa pihak terkait. Kesuksesan yang berakhir dengan tewasnya sang DPO utama tentu saja belum memberikan hasil yang signifikan bagi pemberantasan terorisme di Indonesia. Seperti kanker, Noordin M. Top mungkin hanya sebagian dari network terorisme yang bisa saja sewaktu-waktu mengalami metastase di beberapa bagian tubuh lainnya!

Seperti pemberantasan terorisme, hendaknya kita dapat menggali esensi dari kejadian ini untuk kemudian diaplikasikan pada kehendak kita untuk mendapatkan PENYEMBUHAN. Pada saat sedang menderita sakit, bayangkan tubuh kita sedang berada dalam sebuah teror. Tentu saja teror terhadap tubuh kita ini harus disikapi dengan sistem koordinasi yang mirip dengan sistem penanganan teroris; bukan hanya mengandalkan senjata alias obat saja, namun seluruh daya guna yang kita miliki sebagai manusia harus turut serta. Bukankah manusia merupakan makhluk yang sempurna – yang dikaruniai kemampuan untuk ber-regenerasi, dikaruniai kekebalan tubuh berlapis, dan sebuah sistem yang begitu holistik; saling mendukung satu sama lain?

Sehingga, jika anda sedang sakit, perjuangan anda belum cukup hanya dengan minum obat saja! Obat hanyalah senjata (dan kadang kala senjata bisa makan tuan!). Yang kita perlukan adalah meneliti “network” yang membentuk penyakit itu, karena rasa sakit adalah sebuah gejala – alarm – yang menunjukkan telah terjadi “sesuatu” kesalahan pada sistem kita. Rasa sakit adalah “tampak luar” dari sebuah kerusakan. Mirip dengan bom-bom yang diledakkan oleh para teroris itu – hanyalah gejala dari merembesnya paham terorisme ke dalam tubuh negara dan bangsa. Jadi, memberantasnya juga tidak harus dengan senjata, melainkan memerlukan banyak bidang terkait karena Negara juga merupakan sebuah sistem yang holistik. Begitu pula dengan tubuh kita. Tak hanya dengan obat, namun juga perilaku dan sikap – baik fisik maupun psikis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: